A. LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Berikut ini akan dikemukakan secara umum tujuan dan fungsi,
materi serta penyelenggaraan setiap jenis layanan bimbingan dan konseling.
1. Layanan
orientasi
a.
Tujuan dan fungsi layanan orientasi
Layanan orientasi di SD ditujukan untuk siswa baru (bila
perlu melalui orang tua siswa) guna memberikan pemahaman dan memungkinkan
penyesuaian penyesuaian diri (terutama penyesuian diri siswa) terhadap
lingkungan siswa yang baru dimasuki. Hasil yang diharapkan dari layanan
organisasi ialah permudahannya penyesuian diri siswa terhadap pola kehidupan
sosial,kegiatan belajar,dan kegiatan disekolah lain yang mendukung keberhasilan
siswa. Fungsi utama bimbingan yang didukung oleh layanan orientasi ialah fungsi
pemahaman dan pencegahan.
b.
Materi umum layanan orientasi
Materi yang dapat diangkat melalui layanan orientasi ada
berbagai macam,yaitu meliputi :
(1)
Orientasi umum sekolah yang baru
dimasuki
(2)
Orientasi kelas baru dan cawu baru
(3)
Orientasi kelas terakhir dan cawu
terakhir, EBTA/EBTANAS,ijazah
c.
Penyelengaraan layanan orientasi
Layanan orientasi dapat diselenggarakan melalui berbagai
cara,terutama ceramah,tanya jawab,dan diskusi.selanjutnya dapat dilengkapi
dengan pergaan,selebaraan dan peminjauan ketempat-tempat yang dimaksud
(misalnya ruangan kelas,laboratorium,perpustakaan , dan lain-lain). Materi
orientasi dapat diberikan olrh guru kelas dan kepala sekolah.
Layanan orientasi diselenggarakan pada awal siswa masuk
SD,atau awal mengikuti kelas,atau cawu baru.
Bentul lain penyelenggraan layanan orientasi adalah apa yang
disebut “ hari orientasi “. Pada hari yang sudah dijadwalkan,selama sehari
penuh.
Meski hari orientasi itu ditunjuan pada siswa-siswa baru dan
orang tua merika,namun seluruh warga sekolah dapat ikut serta
2. Layanan
informasi
a.
Tujuan dan fungsi layanan informasi
Layanan informasi bertujuan untuk membekali siswa dengan
berbagai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk
mengenal diri,merencanakan dan mengembangkan pola kehidupan sebagai pelajar ,
anggota masyarakat.
Fungsi utama bimbingan yang didukung oleh jenis layanan
informasi ialah pemahaman dan pencegahan.
b.
Materi umum latanan informasi
Materi yang dapat diangkat melalui layanan informasi ada
berbagai macam yaitu :
1.
Informasi pengembangan pribadi
2.
Informasi kurikulum dan proses
belajar mengajar
3.
Informasi sekolah menengah
4.
Informasi jabatan ( awal / sederhana
)
5.
Informasi lingkungan
c.
Penyelenggaraan informasi
Seperti layana orientasi, layanan informasi dapat
diselenggarakan melalui ceramah,tanya jawab, dan diskusi yang dilengkapi dengan
peragaan,selembaraan,tayangan foto,flim,video,dan peninjauan ketempat-tempat
atau objek-objek yang dimaksudkan .seperti juga dalam layanan orientasi,layanan
informasi diselenggarakan baik dalam bentuk pertemuaan umum,pertemuan klasikal,
maupun pertemuan kelompok
3. Layanan
penempatan dan penyaluraan
a.
Tujuan dan fungsi layanan penempatan
dan penyaluraan
Layanan penempatan dan penyaluraan memungkinkan siswa berada
pada posisi dan pilihan dan tepat,yaitu berkenan dengan posisi duduk dalam
kelas,kelompok belajar,kegiatan ekstrakurikuler,program latihan,dan kegiatan
lainnya sesuia dengan kegiatan fisik dan pisikisnya.
Fungsi utama bimbingan yang didukung oleh layanan penemparan
/ penyaluraan ialah fungsi pencegahan dan perkembangan,pemeliharaan.
b.
Materi umum layanan penempatan dan
penyaluraan
Materi yang dapat diangkat ada berbagai macam yaitu :
1.
Penempatan didalam kelas
2.
Penempataan dan penyaluraan kedalam
kelompok belajar
3.
Penempataan dan penyaluraan kedalam
program atau kegiatan yang lebih luas
c.
Penyelenggaran layan penempatan
penyaluraan
Layanan penyelenggaran layan penempatan penyaluraan
didahului oleh penelahan tentang :
1.
Kondisi fisik siswa
2.
Kemampuan belajar,kemampuan
berkomonikasi,bakat,dan minat
3.
Kondisi psikofisik
4. Layanan
pembelajaraan
a.
Tujuan dan fungsi pembelajaran
Layanan pembelajaran dimasukkan utuk memungkinkan siswa
memehami dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, keterampilan
dan materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta
tuntutan kemampuan yang berguna dalam kehidupan dan perkembangan dirinya.
Fungsi utama bimbingan yang didukung oleh layanan belajar
ialah fungsi pemeliharaan dan pengembangan.
b.
Materi umum layanan pembelajaran
Meteri yang dapat diangkat melalui layanan pembelajaran ada
berbagai macam, yaitu meliputi :
1.
Pengenalan siswa yang mengalami
maslah belajar: tentang kemampuan, motivasi, sikap dan kebiasan belajar.
2. Pengembangan motivasi, sikap dan kebiasaan
belajar yang baik
3. Pengembangan keterampilan belajar :
membaca, mencatat, bertanya dan menjawab, dan menulis.
4. Pengajaran perbaikan
5. Program pengayaan
c. Penyelenggaraan layanan pembelajaran
Layanan pembelajaran didahului oleh
pengungkapan kemampuan dan kondisi siswa dalam kegiatan belajarnya, sehingga
dapat diketahui siswa-siswa yang :
1. Cepat dan sangat cepat dalam belajar
2. Lambat dan sangat lambat dalam
belajar
3. Kurang motvasi dalam belajar
4. Bersikap dan berkebiasaan buruk
dalam belajar
5. Tidak memiliki keterampilan teknis
dalam belajar yang memadai.
5. Layanan
konseling perorangan
a.
Tujuan dan fungsi konseling layanan
konseling perorangan
Layanan konseling perorangan memungkinkan siswa dapat
mendapatkan layanan langsung secara tatap muka dengan guru kelas atau bimbingan
dalam rangka pembahasan dan pengetasan permasalahan.
b.
Materi umum layanan konseling
perorangan
Materi yang dapat diangkat melalui layanan konseling
peroranagan dan berbagai macam, yang pada dasarnya tidak terbatas. Layanan ini
dilakukan untuk segenap masalah siswa secara perorangan (dalam segenap bidang
bimbingan, yaitu bimbing pribadi, sosial, belajar dan karir)
c.
Penyelenggaraan layanan konseling
peroranagan
Pada dasarnya layanan konseling perorangan terselenggaara
atas inisiatif siswa yang mengakami masalah. Namun demikian guru kelas tidak
boleh hanya sekedar menunggu saja kedatangan siswa untuk meminta diberi layanan
konseling perorangan.
6. Layanan
bimbingan kelompok
a.
Tujuan dan fungsi layanan bimbingan
kelompok
Layanan bimbingan kelompok
dimaksudkan untuk memungkinkan siswa secara bersama-sama memperoleh berbagai
macam bahan dari narasumber (terutama guru kelas) yang bermanfaat untuk
kehidupan sehari-hari.
Fungsi utama bimbingan kelompok yang
didukung oleh layanan bimbingan kelompok ialah fungsi pemahaman dan
pengembangan.
b. Materi umum layanan bimbingan
kelompok
Melalui dinamika dalam bimbingan
kelompok dpat dibahas berbagai hal yang amat beragam (dan tidak terbatas) yang
berguna bagi siswa (dalam segenap bidang bimbingan) materi tersebut meliputi:
1. Pemehaman dan pemantapan kehidupan
keberagaman dan hidup sehat.
2. Pemahaman tentang berbagai peristiwa
yang terjadi di lingkungan sekitar dan masyarakat.
3. Pengaturan dan penggunaan waktu
secara efektif (untuk belajar dan kegiatan sehari-hari, serta waktu senggang)
4. Pengembangan sikap dan kebiasaan
belajar.
5. Pengembangan hubungan sosial yang efektif
dan produktif.
6. Pemahaman tentang dunia kerja dan
pilihan jabatan serta perencanaan masa depan.
7. Pemahaman tentang pendidikan
lanjutan.
c. Penyelenggaraan layanan bimbingan
kelompok
Layan bimbingan kelompok
memanfaatkan dinamika kelompok utuk mencapai tujuan layanan bimbingan. Agar
dinamika kelompok yang berlangsung di dalam kelompok tersebut dapat secara
efektif bermanfaat bagi pembinaan para anggota kelompok, maka jumlah anggota
sebuah kelompok tidak boleh terlalu besar, sekitar 10 orang atau paling banyak
15 orang. Jumlah siswa dalam satu kelas dapat dibagi menjadi 3-4 kelompok.
7. Layanan
konseling kelompok.
a.
Tujuan dan fungsi layanan konseling
kelompok
Layanan konseling kelompok memungkinkan siswa memperoleh
kesempatan bagi pembahasan dan pengentasan masalah yang dialami melalui
dinamika kelompok. Fungsi utama bimbingan yang didukung oleh layanan konseling
kelompok ialah fungsi pengentasan.
b.
Materi umum layanan konseling
kelompok
Konseling kelompok merupakan konseling yang diselenggarakan
dalam kelompok, dengan memanfaatkan dinamika kelompok itu.
c.
Layanan bimbingan kelompok dan
konseling kelompok merupakan dua jenis layanan yang saling keterkaitannya
sangat besar. Keduanya mempergunakan dinamika kelompok sebagai media
kegiatannya.
Dalam kegiatan kelompok (baik layanan bimbingan kelompok
maupun konseling kelompok) hal-hal yang perlu ditampilkan oleh seluruh anggota
kelompok adalah :
1.
Membina keakraban dalam kelompok
2.
Melibatkan diri secara penuh dalam
suasana kelompok
3.
Bersama-sama mencapai tujuan
kelompok
4.
Membina dan mematuhi aturan kegiatan
kelompok
5.
Ikut seta dalam seluruh kegiatan
kelompok
6.
Berkomunikasi secara bebas dan
terbuka
7.
Membantu anggota lain dalam kelompok
8.
Memberikan kesempatan kepada anggota
lain dalam kelompok
9.
Menyadari pentingnya kegiatan
kelompok.
8. Operasionalisasi
penyelenggaraan pelayanan
Dalam penyelenggaraan setiap layanan yang sudah dirinci
tersebut, guru pembimbing perlu memperhatikan dan menerapkan :
a.
Prosedur dan teknik masing-masing
layanan secara tepat.
b.
Asas-asas dan ode etik profesional
bimbingan dan konseling.
c.
Kerjasama dengan pihak lain, baik
pihak lain disekolah maupun diluar sekolah, sesuai dengan peranan masing-masing
pihak tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar